facebook

twitterfacebookgoogle pluslinkedinrss feedemail

Selasa, 14 Mei 2013

Kecemasan perlambatan ekonomi bawa saham China turun ketiga kalinya

Bloomberg, (15/5) - Saham-saham China turun untuk hari ketiga setelah Perdana Menteri Li Keqiang mengisyaratkan keenggan dari pembuat kebijakan untuk menggunakan stimulus baru dalam melawan perlambatan ekonomi.

'Setelah komentar Li tentang tidak menawarkan stimulus baru, para investor memutuskan bahwa saham siklis tidak akan memperoleh manfaat,' kata Mao Sheng, analis dari Huaxi Securities Co 'Saham teknologi diharapkan memiliki pendapatan yang lebih baik tahun ini.'

Shanghai Composite Index melemah sebesar 0,1 persen ke 2,214.57 pada pukul 11:30 am waktu setempat (istirahat perdagangan). Sementara itu CSI 300 Index turun kurang dari 0,1 persen di 2,492.89 dan Hang Seng China Enterprises Index menguat 0,4 persen.

'Untuk mencapai target tahun ini, ruang untuk mengandalkan kebijakan stimulus atau investasi langsung dari pemerintah adalah kecil - kita harus bertumpu pada mekanisme pasar,' ungkap Li pada pidato yang disiarkan tanggal 13 Mei lalu kepada para pejabat di seluruh China. Mengandalkan investasi dari pemerintah untuk mendukung pertumbuhan 'tidak hanya sulit untuk dipertahankan tapi juga akan menciptakan masalah dan risiko yang baru,' tambahnya.

Bank of America dan JPMorgan pekan ini menurunkan perkiraan pertumbuhan ekopnomi China untuk tahun 2013 menjadi 7,6 persen setelah produksi industri bulan dan investasi aset tetap berada dibawah perkiraan. (brc)