facebook

twitterfacebookgoogle pluslinkedinrss feedemail

Minggu, 12 Mei 2013

Yan tembus 102

Yen tembus 102; eksportir Jepang sumringah menopang index Topix

Bloomberg, (13/5) -- Index Topix Jepang memperpanjang level tertinggi 4,5 tahun mengikuti kejatuhan yen hingga menembus level 102 terhadap dollar setelahg para menteri keuangan negara G7 memberikan sinyal untuk masih mentoleransi kejatuhan tajam pada yen tersebut. Panasonic Corp dan Nissan Motor Co melonjak berkat kinerja pendapatannya.

Nissan naik 5,4 persen setelah produsen mobil tersebut memperkirakan pertumbuhan laba bersih sebesar 23 persen yang didasarkan pada nilai tukar 95 yen per dolar. Panasonic Corp melonjak 11 persen setelah perkiraan laba usaha yang melampaui estimasi. Sharp Corp naik 13 persen setelah surat kabar Nikkei melaporkan bahwa produsen TV tersebut berencana untuk mengurangi operasinya Eropa untuk menekan biaya.

Indeks Topix naik 1,6 persen ke 1,230.46 pada pukul 10:21 am di Tokyo, menuju penutupan tertinggi sejak 1 September 2008. Sekitar sembilan saham menguat untuk setiap tujuh yang jatuh. Indeks Nikkei 225 Stock Average naik 1,4 persen menjadi 14,807.63. Saham-saham Jepang telah meningkat di tengah langkah pelonggaran moneter yang belum pernah terjadi sebelumnya dari Bank of Japan dan upaya dari Perdana Menteri Shinzo Abe untuk mengakhiri deflasi.

Dari 610 perusahaan di Topix yang telah melaporkan laba setahun penuh sejak 1 April, dan yang memiliki estimasi dari Bloomberg, sebanyak 372 telah mengalahkan proyeksi analis. Dentsu Inc dan Pioneer Corp adalah di antara perusahaan dijadwalkan untuk melaporkan hasil pendapatannya minggu ini.

Yen anjlok 13 persen selama tahun ini, kinerja mata uang terburuk di negara berkembang yang telah dilacak oleh Indeks Korelasi Tertimbang Bloomberg. (brc)

0 comments:

Posting Komentar